Klaim garansi Xiaomi merupakan salah satu pelayanan yang diberikan Xiaomi bagi para pengguna yang biasanya berkisar 12 bulan semenjak pembelian pertamanya. Garansi bisa dikatakan sebagai janji dari pihak produsen jika produknya mengalami beberapa kerusakan.
Keberadaannya sendiri memanglah memberikan sejumlah keuntungan. Sebab dengan menggunakan garansi ini, maka HP Xiaomi kalian akan diganti jika kerusakan yang terjadi berasal dari produsen.
Namun ternyata masih banyak diantara pengguna yang tidak mengetahui bagaimana syarat dan cara mengklaimnya. Untuk itu, untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak uraian di bawah ini.
Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Keyboard Otomatis Xiaomi
Klaim Garansi Xiaomi
Kini tidak sedikit diantara pengguna HP Xiaomi yang mencari tahu mengenai bagaimana cara klaim garansi Xiaomi. Jika kalian salah satunya, maka selamat kalian berada pada artikel yang tepat.
Namun sebelum beralih pada prosedur pengecekannya, apakah pembaca sudah tahu apa yang dinamakan klaim garansi Xiaomi itu ? Jika belum, ada baiknya pahami terlebih dahulu.
Garansi menjadi salah satu pertimbangan konsumen saat akan membeli produk elektronik. Hal ini untuk meyakinkan pembeli jika barang tersebut berkualitas baik dan tidak ada cacat manufaktur.
Biasanya, garansi yang diberikan perusahaan seperti handphone ini berupa jasa perbaikan sampai penggantian prosedur baru jika unit tersebut rusak.
Akan tetapi, klaim garansi Xiaomi tidak akan sah jika kerusakan yang terjadi adalah akibat human error atau perbuatan diri sendiri bukan kesalahan dari pabrikan.
Misalnya ponsel mati karena masuk kedalam air, layar rusak karena terjatuh di lantai, atau pengguna sudah membongkar ponsel dan membuat segel rusak maka ini juga tidak akan diterima klaimnya.
Selain itu, klaim juga tidak dianggap sah jika kalian melakukan root atau membeli HP Xiaomi di pasar gelap yang tentu saja tidak ada kartu garansinya.
Seberapa pentingkah manfaat Klaim garansi Xiaomi ? Berikut beberapa manfaat asuransi HP yang akan menambah wawasan kalian.
- Perlindungan HP
- Pemulihan Data Berharga
- Penggantian Unit Baru
- Menghemat Pengeluaran
Baca Juga : 2+ Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi
Syarat Klaim Garansi Xiaomi
Jika kalian ingin melakukan klaim garansi Xiaomi, maka pastikan terlebih dahulu sudah mengetahui dan melengkapi syarat ketentuan yang berlaku. Berikut diantaranya :
- Ketentuan garansi hanya berlaku di wilayah Indonesia
- Xiaomi akan melakukan pengujian untuk mengetahui kerusakannya
- Pastikan tersedia informasi model, no serial, Alamat Lengkap pelanggan dan nota pembelian
- Hubungi agen layanan Xiaomi terlebih dahulu
Garansi tidak berlaku apabila :
- No serial produk dan segel garansi hilang atau telah dihapus
- Aksesoris / bagian luar produk yang hilang.
- Kerusakan yang terjadi di dalam atau diluar permukaan produk seperti retakan, goresan pada case, layar, lensa kamera, dan tambahan lainnya
- Perawatan umum seperti bantuan reset sandi, update atau pemasangan aplikasi
- Layanan yang tidak terkait dengan perbaikan atau penggantian
- Kerusakan produk yang disebabkan oleh pembongkaran
- Hal lainnya yang tidak sesuai dengan etika bisnis
Selain itu, kalian juga perlu mengecek masa garansi HP. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah garansi sudah kadaluarsa atau belum.
Jika kalian sudah berada di toko tersebut tanpa pemeriksaan terlebih dulu bisa saja pengajuan ditolak klaimnya sama pemilik toko. Sehingga lakukan pemeriksaan dulu.
Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti :
- Ketik *#06# pada menu panggilan
- Kemudian klik “Panggil” atau “Oke”
- Tunggu hingga proses selesai
- Nantinya akan muncul no IMEI ponsel
- Kunjungi laman resmi m.buy.mi.co.id
- Masukkan deretan angka ke kolom yang disediakan
- Lanjut masukkan kode verifikasi
- Pilih opsi “langkah selanjutnya”
Tanpa adanya melakukan beberapa hal tersebut, proses klaim garansi Xiaomi sama sekali tidak bisa dilakukan. Oleh sebab itu, langkah pertama akan dimulai dengan mengecek no IMEI.
Baca Juga : Panggilan Darurat Xiaomi: Cara Menggunakan & Mematikan
Cara Klaim Garansi Xiaomi
Setelah mengetahui perihal pengertian beserta syarat ketentuan dari klaim garansi Xiaomi, hal berikutnya yang juga perlu kalian ketahui adalah prosedur klaimnya.
Untuk mengklaim garansi Xiaomi sendiri sangat mudah dipraktekkan, yang mana dapat dilakukan melalui seluruh service center Xiaomi.
Tempat service center Xiaomi sendiri sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia, namun jika belum ada di kotamu kalian bisa menghubungi call center.
Biasanya, pihak service center tersebut akan memberitahukan perihal informasi detail nya terkait sebab kerusakan pada HP Xiaomi milikmu.
Tidak hanya itu, petugas juga akan memberitahu kalian mengenai durasi atau jangka waktu untuk proses pengerjaan HP yang rusak tersebut.
Adapun berikut prosedur yang bisa dilakukan untuk klaim garansi Xiaomi :
- Kunjungi Service Center Xiaomi terdekat
- Sampaikan jika ingin melakukan klaim garansi
- Serahkan buku garansi dan dus box untuk diperiksa
- Petugas akan melakukan pengecekan pada ponsel
- Setelah itu, tunggu hingga proses pengecekan selesai
- Nantinya petugas akan memberikan gambaran kerusakan
- Jika sudah benar, kalian akan kembali di hubungi untuk mengambil HP
Pastikan Anda memantau status perbaikan smartphone Anda secara teratur dan menghubungi layanan pelanggan Xiaomi jika ada masalah.
Baca Juga : 2 Cara Menjadikan Google Chrome Sebagai Default Browser Di Xiaomi
Daftar Durasi Garansi Perangkat Xiaomi
Sudah diketahui bahwa klaim garansi hanya terbatas pada HP Xiaomi yang mengalami kerusakan selama penggunaan normal dan sesuai dengan syarat ketentuan perusahaan Xiaomi.
Adapun berikut di bawah ini merupakan daftar durasi perangkat HP Xiaomi :
No | Perangkat HP Xiaomi | Durasi garansi |
---|---|---|
1 | Perangkat keras seperti headset dan baterai bawaan | 15 bulan (ongkos kerja & suku cadang) |
2 | Charger dan Aksesori Bawaan | 6 bulan |
3 | Produk Redmi Note 7 | 18 bulan |
4 | Produk Redmi 8 dan 8A | 24 bulan |
5 | Produk Redmi 9A dan 9C | 24 bulan |
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait Klaim garansi Xiaomi beserta cara dan syaratnya. Sekian dan terimakasih.