Sebelum mencoba untuk apply pekerjaan pastikan sudah memahami cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.
Dalam menulis lamaran kerja tidak boleh sembarangan apalagi jika format suratnya tidak beraturan.
Jika lamaran kerja yang dibuat terkesan sopan dan menarik tentunya akan menjadi nilai positif bagi pihak HRD.
Lalu bagaimana cara membuat lamaran kerja yang baik? Berikut ulasan lengkapnya!
Baca Juga : 5 Cara Membuat Daftar Pustaka Termudah
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Persaingan dalam dunia kerja saat ini semakin kompetitif, banyak kualifikasi yang harus dipenuhi pihak pelamar untuk bisa lolos di suatu pekerjaan.
Untuk memperbesar peluang diterima dalam pekerjaan, pelamar harus mempersiapkan semua aspek sebaik mungkin.
Selain menyiapkan CV (Curriculum Vitae), penulisan surat lamaran kerja juga harus diperhatikan pihak pelamar.
Surat lamaran kerja adalah sebuah dokumen yang berisi ketertarikan pelamar terhadap pekerjaan yang ditawarkan.
Isi dalam surat lamaran harus menjelaskan secara singkat mengenai diri sendiri baik secara pribadi maupun professional.
Dalam surat lamaran tersebut harus mencantumkan keterampilan dan kinerja sesuai dengan posisi yang dituju.
Jika penulisan surat lamaran kerja akurat maka akan memperbesar peluang pihak HRD (Human Resource Development) untuk melirik lamaran yang telah dibuat.
Isi dari surat ini harus bisa menjelaskan mengapa pihak perusahaan harus mengundang pelamar untuk bisa menjalani sesi wawancara.
Surat ini juga memiliki peran sebagai media yang menampilkan kualitas serta kemampuan pribadi sebagai professional.
Nilai positif dari surat lamaran kerja akan bertambah saat ditambahkan dengan aspirasi mengenai perusahaan yang menjadi target.
Maka dari itu cara membuat surat lamaran kerja yang menarik dan efektif harus diperhatikan sebelum apply ke perusahaan.
Baca Juga : 5 Cara Mengecek NPWP Aktif, Mudah dan Efektif
Isi Surat Lamaran Kerja
Agar lebih memahami mengenai cara membuat surat lamaran kerja, pihak pelamar harus mengetahui apa saja isi di surat tersebut.
Jika isi surat lamaran memenuhi semua unsur yang diminta maka peluang diterimanya juga semakin besar. Berikut isi dari surat lamaran kerja yang harus ada:
1. Menuliskan tanggal dan tempat
Cara membuat surat lamaran kerja yang pertama adalah menuliskan tanggal dan tempat yang diposisikan di bagian kanan atau kiri atas surat lamaran kerja.
Penulisan tanggal dan tempat di surat lamaran kerja tidak boleh disingkat, contohnya adalah Jakarta, 10 September 2023.
2. Tuliskan tujuan surat
Pihak pelamar juga harus mengetahui kepada siapa surat lamaran tersebut disampaikan agar sampai ke tujuan dengan tepat.
Sebelum menuliskan nama serta jabatan penerima jangan lupa untuk menuliskan tambahan “Yth” atau “yang terhormat” terlebih dahulu.
Ada baiknya juga pihak pelamar mengetahui nama serta jabatan penerima surat lamaran kerja jadi penulisannya menjadi lebih personal.
Selanjutnya setelah melengkapi dengan tujuan penulisan surat lengkapi juga dengan nama perusahaan dan alamatnya di bagian bawahnya.
3. Beri salam pembuka dan pengantar
Cara membuat surat lamaran kerja selanjutnya adalah dengan melengkapi surat dengan salam pembuka serta pengantar.
Sebaiknya menggunakan kata-kata yang universal, misalnya dengan hormat, selanjutnya jelaskan tentang info lowongan pekerjaan yang dilamar.
4. Berikan data diri
Dalam surat lamaran lengkapi juga dengan identitas diri yang memuat informasi penting mengenai data diri.
Informasi yang dituliskan meliputi nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, riwayat Pendidikan, alamat email serta nomor handphone.
Baca Juga : 3 Cara Daftar MyPertamina Termudah
5. Lengkapi dengan pengalaman kerja dan kemampuan
Setelah data diri dicantumkan dengan lengkap, cara membuat surat lamaran kerja berikutnya adalah dengan melengkapi dengan pengalaman kerja serta kemampuan.
Pihak pelamar bisa menjelaskan secara rinci pengalaman dan keahlian yang relevan dengan bidang yang dilamar.
Bagian ini penting agar pihak HRD bisa melakukan pertimbangan mengenai kemampuan yang dimiliki pelamar agar sesuai dengan kebutuhan pihak perusahaan.
Melengkapi surat lamaran dengan keahlian juga bisa memudahkan pihak HRD sat mengecek sertifikat yang dilampirkan di surat lamaran kerja.
6. Bagian penutup
Cara membuat surat lamaran kerja yang terakhir adalah membuat kalimat penutup yang berisi harapan pihak pelamar.
Isinya mengenai harapan agar perusahaan mempertimbangkan sebaik mungkin untuk meneruskan ke tahapan berikutnya, yaitu wawancara.
Jangan lupa untuk melengkapi dengan ucapan terima kasih karena pihak penerima sudah berkenan membaca surat lamaran kerja yang dikirim.
Di bagian akhir lengkapi juga surat lamaran kerja yang dibuat dengan tanda tangan serta nama lengkap tepat pada bagian bawah penutup.
Contoh Surat Lamaran Kerja
Setelah memahami cara membuat surat lamaran kerja yang baik, pihak pelamar bisa langsung mencoba untuk mengaplikasikannya di surat yang ditulis.
Berikut contoh surat lamaran kerja dengan susunan yang benar dan menarik yang bisa dijadikan sebagai referensi:
Jakarta, 17 Agustus 2023
Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada
Yang, saya hormati
Bapak/ Ibu Pimpinan
PT Sejahtera Abadi
Jalan Perjuangan No.45 Jakarta Barat
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari media sosial Instagram Lowongan Kerja Jakarta pada 10 Agustus 2023, perusahaan bapak/ ibu sedang membuka lowongan pekerjaan. Dengan surat ini, saya ingin melamar pekerjaan untuk menjadi staff mechanic di perusahaan Bapak/ Ibu, berikut data diri saya:
Nama: Muhammad Rayhan
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta 19 Januari 1998.
Pendidikan Terakhir: S-1 Teknik Mesin
Alamat: Jl. Kusuma Bangsa No.15, Jakarta Barat.
Telepon: 085612369575
Email: rayhanmuhammad1997@gmail.com
Saya mempunyai pengalaman kerja sebagai staff mechanic selama 4 tahun yang telah mengusai pengetahuan mengenai desain, pemeliharaan, perbaikan dan instalasi mesin. Mampu melakukan tindakan preventif, maintenance serta perbaikan mesin produksi dan fasilitas penunjang pabrik lain yang memiliki sifat mekanikal dan elektrik. Mahir dalam desain mekanik perangkat lunak serta pengujian diagnostic dan memiliki kemampuan analitis untuk berpikir kritis untuk memecahkan masalah.
Baca Juga : Cara Menghapus Akun Facebook Work 100%
Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen:
- Curriculum Vitae
- Resume Kerja
- Sertifikat Pendukung
- Fotocopy ijazah terakhir
- Fotocopy transkrip nilai
- Fotocopy Kartu Tanda Penduduk
- Fotocopy Kartu Keluarga
- Pas Foto 4×6
- Surat Pengalaman Kerja
Demikian surat lamaran kerja ini, besar harapan saya agar bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Ttd.
Muhammad Rayhan
Itulah cara membuat surat lamaran kerja yang sesuai, semoga bermanfaat!