Cara mengecek garansi Xiaomi

Cara mengecek garansi Xiaomi menjadi sangat penting dilakukan dalam mengurangi risiko pembelian. Dengan mengecek status garansi yang dimiliki tersebut, kalian juga bisa melakukan klaim, baik untuk perbaikan maupun penggantian HP dengan yang baru.

Akan tetapi tidak sedikit dari pengguna yang masih bingung perihal prosedur yang perlu dilakukan. Oleh karenanya, kalian membutuhkan informasi yang tepat sebagai pengetahuan.

Adapun untuk penjelasan selengkapnya terkait prosedur dari Cara mengecek garansi Xiaomi beserta penjelasan lainnya bisa kalian dimak uraian di bawah ini.

Baca Juga : 2 Cara Membuat Nama Di Layar Kunci HP VIVO

Syarat Ketentuan Garansi Xiaomi

Cara mengecek garansi Xiaomi

Perlu diketahui bahwa masa aktif dan ketentuan garansi pada setiap ponsel memiliki ketentuan berbeda. Oleh sebab itu, melakukan Cara mengecek garansi Xiaomi sangat penting diketahui.

Agar kalian bisa mengecek apakah masa aktif garansi tersebut masih ada atau tidak. Sebab, Xiaomi akan menanggung setiap masalah pada HP jika terjadi kerusakan karena kesalahan fungsional.

Akan tetapi, kalian tidak bisa berharap sepenuhnya jika kerusakan HP disebabkan kelalaian diri sendiri. 

Oleh karenanya, service center resmi Xiaomi telah meluncurkan ketentuan dan syarat garansi yang harus dipatuhi oleh semua konsumennya seperti yang telah terangkum di bawah ini :

  • Kerusakan layar karena tampilan yang tidak normal. Namun jika layar pecah atau tergores, maka garansi tidak akan berlaku karena merupakan kelalaian pengguna.
  • HP tiba-tiba tidak dapat dihidupkan karena masalah pada komponen perangkat keras yang mengalami kerusakan. 
  • HP Xiaomi tidak dapat digunakan untuk membuat panggilan maupun mencatat panggilan.
  • HP tidak dapat bergetar ataupun berdering. Kerusakan ini kerap kali terjadi karena cacat produksi sehingga dapat dilakukan pengajuan garansi.
  • Garansi berlaku jika HP Xiaomi milikmu mati secara tidak normal.
  • Garansi berlaku jika ada kerusakan tombol.
  • Speaker tidak dapat mengeluarkan suara atau volume suara tidak normal. Namun jika kerusakan tersebut dikarenakan HP terjatuh ke dalam air, maka garansi akan hangus.
  • Charger atau pengisi daya asli tidak berfungsi. Masa garansi dari charger sendiri adalah selama 6 bulan, jadi jika sebelum 6 bulan sudah rusak, maka kalian bisa klaim garansi.
  • Ponsel mengalami retak yang disebabkan oleh faktor material atau struktur material
  • Baterai HP Xiaomi tidak dapat terisi, meskipun sudah melakukan pengisian penuh. Sama seperti charger, masa garansi baterai juga selama 6 bulan
  • Kabel data yang tidak berfungsi berlaku masa garansi selama 6 bulan
  • Kartu SIM tidak dapat berfungsi secara maksimal (sinyal lemah dan tidak bisa terkoneksi ke jaringan)

Baca Juga : 3 Cara Update Android 13 VIVO & Fitur

Cara Mengecek Garansi Xiaomi

Setelah mengetahui ketentuan untuk mengklaim layanan garansi Xiaomi, kini saatnya pembaca harus tahu perihal tutorial atau Cara mengecek garansi Xiaomi yang bisa dilakukan pengguna.

Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk mengecek garansi HP Xiaomi, yakni pengguna dapat melakukannya baik secara online atau menggunakan IMEI dan Dusbook. 

Cara Mengecek Garansi Xiaomi Lewat Dusbook

Cara mengecek garansi Xiaomi

Cara termudah untuk mengecek garansi Xiaomi adalah dengan melihat dusbook atau kotak kemasan nya. Jika pada dusbook tertera stiker TAM, maka dipastikan bahwa merupakan produk resmi. 

Stiker TAM sendiri dapat diartikan produk resmi dari PT Telematika Artha Mandiri, yang berlaku sebagai distributor resmi ponsel Xiaomi yang ada di Indonesia.

Dengan adanya tulisan tersebut menandakan bahwa ponsel yang dijual merupakan produk resmi Xiaomi yang dirakit di Indonesia.

Cara Mengecek Garansi Xiaomi Lewat IMEI

Ada sebagian dari mereka yang belum mengetahui terkait cara mengecek garansi Xiaomi lewat IMEI. Sebenarnya caranya terbilang mudah. 

IMEI sendiri merupakan identitas dari smartphone. Setiap seri HP Xiaomi memiliki no IMEI berbeda-beda yang nantinya terdaftar pada database Kemenperin.

Berikut langkah-langkah yang bisa kalian terapkan : 

  1. Langkah pertama, buka aplikasi ponsel telepon 
  2. Kemudian, ketik *#06# dan pilih opsi “panggilan”
  3. Akan muncul no IMEi dari ponsel yang terdiri dari 2 IMEI 
  4. Lanjut buka website resmi di imei.kemenperin.go.id 
  5. Masukkan no IMEI yang sudah disalin ke kolom pencarian 
  6. Langkah selanjutnya, klik opsi “pencarian”
  7. Jika ada verifikasi, klik centang pada “saya bukan robot”
  8. Akan ada pemberitahuan IMEI yang telah terdaftar di Kemenperin

Baca Juga : 5+ Cara Cek HP VIVO Normal Atau Tidak

Cara Mengecek Garansi Xiaomi Lewat Situs Resmi

Xiaomi juga memiliki situs khusus yang dapat kalian gunakan untuk mengecek garansi Xiaomi. Situs tersebut dapat kalian akses di alamat http://buy.mi.com/id/registration. 

Dengan melakukan tahapan ini, nantinya akan muncul nama distributor yang memberikan garansi. Caranya cukup mudah yakni sebagai berikut : 

  1. Langkah pertama, buka browser di HP 
  2. Ketik akses situs m.buy.mi.co.id/id/registration 
  3. Lalu buka “pengaturan ponsel Xiaomi”
  4. Langkah selanjutnya temukan IMEI 
  5. Klik “salin” lalu “paste” di kolom yang tersedia 
  6. Pilih opsi “langkah selanjutnya “
  7. Lakukan verifikasi HP Xiaomi

Cara Mengecek Garansi Xiaomi Lewat Jenis Charger

Cara mengecek garansi Xiaomi

Banyak yang tidak tahu bahwa ternyata pengguna juga bisa mengecek garansi Xiaomi itu resmi atau tidak melalui kabel charger yang tersedia.

Biasanya Xiaomi dengan garansi distributor akan menggunakan charger yang bukan standar Indonesia. Untuk bentuk chargernya adalah pipih dan mempunyai tiga kaki. 

Sedangkan jika Xiaomi bergaransi resmi, maka kalian akan mendapat charger dengan standar dua kaki yang bisa langsung dicolokkan ke listrik tanpa perlu adapter.

Baca Juga : 4 Cara Mengecek IMEI Xiaomi

Penyebab Garansi Xiaomi Tidak Berlaku

Terdapat beberapa penyebab kenapa garansi HP Xiaomi menjadi tidak berlaku. Lantas apa sajakah penyebab tersebut ? Ketahui di bawah ini : 

  • Garansi yang diberikan hanya berlaku di wilayah Indonesia 
  • Garansi tidak bisa diberikan jika no serial produk, no IMEI, atau segel garansi sudah hilang
  • Adanya pelanggaran terhadap persyaratan garansi
  • Garansi berakhir, dan alasan lainnya

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait beberapa Cara mengecek garansi Xiaomi.

Semoga bermanfaat.

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News

Bagikan:

Tags: